Home > sharing > sedikit cerita ttg kalkulator

sedikit cerita ttg kalkulator

selamat sianggg…
sblm waktunya lunch, n jg karna lg nganggur (again) di kantor jd gue mencoba utk bkin post baru yg (mudah2an) berguna😀

post x ini yaitu ttg alat hitung, misalnya kalkulator n sempoa.

kalkulator

post ini terinspirasi waktu lg kerja kmrn ni yg seharian pake ni alat itung, kalkulator tentunya yg gue pake, hehe..
n baru menyadari betapa pentingnya kalkulator dalam kehidupan dunia kerja, kuliah, sekolah dan bahkan tukang rujak deket rumah gue ngitung kembalian pake kalkulator (serius). jadi saat ini yg dibahas kalkulator dulu y😀

sejak kepikiran itu gue jadi mencoba2 mencari tau ttg kalkulator.

yg pertama, apakah itu kalkulator?
Menurut wikipedia, kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu.

trus muncul lg pertanyaan, bagaimana bentuk kalkulator yg pertama kali yah?
pertama kali ditemukan (1960an), kalkulator memiliki ukuran yang besar dan berat karena menggunakan papan sirkuit yang banyak dan juga mengkonsumsi listrik yang lumayan besar sehingga memerlukan colokan listrik (AC Power) yg lobang listrik di tembok itu loh :p
nih gambar kalkulator 50 taon lalu:

kalkulator taon 60an

Siapakah penemu kalkulator ini?
Nah penemu kalkulator ini yaitu dari kerjasama antara perusahaan2 gede dari Jepang & Amrik, yaitu:
Canon Inc. & Texas Instruments, Hayakawa Electric (sekarang Sharp Corporation) & North-American Rockwell Microelectronics, Busicom & Mostek and Intel, & General Instrument with Sanyo.
ternyata pembuat kalkulator yg gede bgitu pertama kalinya kerjasama antar perusahaan banyak gitu ya.

kalo utk jaman skrg uda banyak bgt kalkulator yg macem2, ukurannya jg uda mobile bgt..
uda gitu fungsinya jg makin banyak: ada yg bisa bikin grafik, selesain persamaan matematika, bisa masukin rumus, wah canggih deh pokoknya, bahkan ada yg bs buat maen game.

hmmm… terus apa lg y?
oiya, kita smua pasti sadar kalo urutan angka di kalkulator n di telepon itu berbeda. dan mgkn ad yg juga tanya, kenapa beda gitu ya?

tombol telepon 1 nya di atas

kalkulator 1 nya di kiri bawah

nah setelah browsing2 ternyata ada penjelasannya.
ini penjelasannya:

Prototype/contoh model telepon dengan tombol angka pertama kali diusulkan oleh perusahaan Bell Telephone Laboratory, menurutnya susunan angka pada tombol dibuat berbeda agar pengguna kalkulator tidak memijit angka telepon terlalu cepat yang menyebabkan salah sambung. Hal ini terjadi karena seperti kita ketahui pengguna kalkulator di dunia ini sangat piawai menggunakan jari-jarinya pada kalkulator dengan kecepatan yang mengagumkan, sementara pada saat itu sentral telepon belum bisa merespon permintaan sambungan telepon secepat itu.
Pesawat telepon sebelumnya adalah dengan tipe cakram berputar, dimana angka 1 nya juga ”diatas” dan angka 9 nya ”dibawah”, sehingga susunan tombol angka yang diusulkan ini adalah dalam rangka penyesuaian terhadap sistem yang lama.

Susunan angka yang pada telepon tersebut, memungkinkan urutan Abjad yang ”normal” berurutan dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah (perhatikan huruf ”a-b-c. dst pada papan angka)

Dengan adanya kalkulator jd sangat membantu kita kan? oleh karena itu baik2lah terhadap kalkulator,jangan dibanting2 (kalkulator gue dulu sering jatoh dari meja T-T).

udah gitu dulu deh sharing ttg kalkulator kali ini, bentar lg waktunya lunch udah mo abis😀

cu next post

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: